Gagasan tentang “Perusahaan Pencerahan”

Setelah artikel saya “Syiah di Indonesia, antar Problematika dan Solusi” dan artikel “Wanted: Pendakwah Profesional” mendapatkan respon yang cukup fantastis, sejumlah teman di dunia maya mendorong saya untuk mendirikan perusahaan atau pusat pelatihan kader AB dan pada tahap berikutnya juru dakwah AB. Mereka tidak hanya mendorong, tapi bersedia membantu dengan kemampuan masing untuk pendirian dan operasionalnya.

Mengapa mesti perusahaan? Ia dipilih karena beberapa alasan. 1) Dikelola secara profesional, 2) Tidak berpretensi mengganti fungsi lembaga-lembaga non profit semacam yayasan-yayasan dan organisasi yang telah berkiprah dalam bidang dakwah dan pembimbingan umat (baca : komunitas AB), 3) Bersifat partisipatif, tidak instruktif dan hirarkis. Karena dikelola secara profesional, maka pesertanya bisa dari lembaga maupun perorangan. Secara singkat, dapat dikatakan perusahaan ini akan mengisi ruang kosong yang tidak sempat disentuh.

Perusahaan ini akan membidik dua segmen, internal (AB) dan eksternal (non AB) dengan penyesuaian materi dan beberapa variable lainnya yang relevan.

Materi-materi pengkaderan untuk eksternal tahap I yang disiapkan, meliputi

1. Pandangan dunia yang terdiri atas a) Pengantar logika, pengantar epsitemologi, ontologi, teologi, kosmologi, antropologi dan sosiologi, b) Agama (meliputi tema-tema seputar agama fenomonologis, agama idealogis, macam-macam agama, teologi baru mencakup disme, sekularisme, pluarlisme dan liberalisme, dan isu-isu penting dalam masalah agama, sistem otoritasa ketuhanan, nubuah dan imamah, c) Mazhab, meliputi studi sejarah mazahab-mazhab filsafat, mazhab mistik dan mazhab-mazhab fikih dan, studi tema-tema kontroversial mazhab Syiah dan Sunni, juga klarifikasi isu-isu kontroversial dalam (internal) mazhab AB.
2. Wawasan umum, meliputi isu-isu pendukung yang diperlukan sebagai penyempurna, meliputi a) pengantar wawasan internasional (Amerika Serikat, Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah dan Dunia Islam, Iran, Israel, Palestina, Hezbollah, Alqaeda, dan lainnya), b) pengantar wawasan keindonesiaan (sejarah, budaya, politik, agama, bahasa dan lainnya), c) Keorganisasian, b) Media, c) budaya pop dan isu-isu kekinian dan kesinian.
3. Simulasi spiritual meliputi olahjiwa dan pencerahan spirtual melalui upacara munajat, meditasi, kontemplasi, konfessi dosa, membaca narasi sejarah heroik Karbala dan sejarah hidup singkat Nabi dan jejiwa suci dan lainnya.

Calon peserta yang telah memenuhi syarat-syarat administratif akan mengikuti serangakain tes wawasan, psikilogis dan fisiologis. Yang dinyatakan lulus tes, akan ditempatkan di lokasi yang telah disediakan dengan segala sarana sesuai perjanjian pendaftaran. Bila dinyatakan lulus dalam pelatihan tahap I, peserta akan diberi sertifikat kelulusan dan dipersilakan untuk mengikuti pelatihan tahap II, yaitu pelatihan untuk pendidikan pendakwah atau mubalig. (Keterangan menyusul)

Para pemberi materi ditentukan oleh Perusahaan berdasarkan kualifikasi dan kempetensi yang dapat dipertanggungjawabkan secara formal akademis.

Perusuhaan ini akan terus mengembangkan metode dan segala sesuatu yang berkaitan dengan program melalui evaluasi, penerimaan masukan dan diskusi-diskusi yang secara rutin diadakan bersama para muballig senior dan akademisi dan para partisipan yang peduli.

Segmen kedua adalah kalangan eksternal (non AB), namun program jangka pendeknya adalah pelatihan untuk kalangan internal.

Itu semua hanya akan terwujud dengan partisipasi semua rekan yang merasa memerlukan progarm ini, baik sebagai pemberi masukan maupun sebagai calon peserta.

Semoga cita-cita luhur ini diridhai oleh Allah swt, amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: